Sabtu, 06 Oktober 2018

Aliran Psikologi Kognitif




ALIRAN PSIKOLOGI KOGNITIF
Tugas Strategi Belajar Mengajar


Dosen Pembimbing :
Dra. Hj. Noor Fajriah, M.Si
Asdini Sari,M. Pd



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU  PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TAHUN 2014/2015

Aliran Psikologi  Kognitif
Psikologi kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. Kognitif dalam psikologi dapat berarti dua, yaitu bisa diartikan sebagai aktivitas mental (persepsi, memori, atensi, dll) dan juga dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan psikologi. Jadi, perkembangan kognitif sebagian besar bergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan aktif berinteraksi dengan lingkungannya.
Ada tiga aspek perkembangan intelektual, yaitu struktur, isi, dan fungsi (Dahar, 1988:179). Struktur atau skema merupakan organisasi mental tingkat tinggi yang terbentuk pada individu ketika ia berinteraksi dengan lingkungannya. Isi merupakan pola perilaku khas anak yang tercermin pada responsnya terhadap berbagai masalah atau situasi yang dihadapinya. Sementara fungsi adalah cara yang digunakan organisme untuk membuat kemajuan intelektual. Fungsi terdiri dari organisasi dan adaptasi. Semua organisme lahir dengan kecenderungan untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka. Cara beradaptasi ini berbeda antara organisme yang satu dengan yang lain. Adaptasi terhadap lingkungan dilakukan melalui 2 proses, yaitu asimilasi dan akomodasi. Dalam proses asimilasi seseorang menggunakan struktur atau kemampuan yang sudah ada untuk menanggapi masalah yang dihadapinya dalam lingkungan. Sementara pada proses akomodasi seseorang memerlukan modifikasi struktur mental yang ada untuk mengadakan respons terhadap tantangan lingkungan.
            Perkembangan kognitif sebagian besar ditentukan oleh manipulasi dan interaksi aktif anak dengan lingkungan. Pengetahuan datang dari tindaka. Piaget yakin bahwa pengalaman-pengalaman fisik dan manipulasi lingkungan penting bagi terjadinya perubahan perkembangan. Sementara itu, interaksi sosial dengan teman sebaya khususnya berargumentasi dan berdiskusi membantu memperjelas pemikiran yang pada akhirnya memuat pemikiran itu menjadi lebih logis (Nur, 1998).

Aliran ini tumbuh akibat pemikiran-pemikiran kaum rasionalisme. Aliran ini memandang bahwa manusia sebagai makhluk yang selalu berfikir, bukan makhluk yang pasif yang tunduk sepenuhnya pada lingkungan. Secara aktif, manusia dapat memerhatikan, menafsirkan, mengolah dan menggunakan informasi yang diperolehnya.

1.      Teori Piaget
Jean  Piaget menyebut  bahwa struktur  kognitif  ini  sebagai Skemata ( Schemas), yaitu kumpulan dari  skema-skema. Seorang individu dapat mengikat, memahami, dan memberikan respon terhadap stimulus disebabkan  karena bekerjanya skemata   ini. Skemata ini berkembang secara kronologis. Sebagai hasil interaksi  antara individu dengan lingkungannya. Dengan demikian seseorang individu yang lebih dewasa memiliki struktur kognitif yang lebih lengkap dri pada ketika ia masih kecil. Karena masih terbatasnya skema pada anak anak,seorang anak yang baru pertama kali meliat buaya ia menyebutnya sebagai cecak besar, karena ia baru memiliki konsep cecak yang sering dilihat dirumahnya. Ia abaru memiliki konsep cecak dalam skemanya dan ketika ia meliat buaya untuk pertama kalinya, konsep cecaklah yang paling dekat dengan stimulus . Peristiwa ini sering berlanjut pada orang dewasa. Hal ini terjadi karena kurangnya perbendaharaan kata atau dalam kehidupan sehari-harinya konsep tersebut jarang ditemui. Misalnya , seringkali orang meenyebut kuda laut atau singa laut padahal kedua binatang itu jauh berbeda secara hidupnya, lingkungan hidupnya, maupun bentuk tubuhnya dengan kuda ataupun singa. Asosiasi tersebut hanya berdasarkan sebagai bentuk tubuhnya yang hamper sama.

            Perkembangan schemata ini berlangsung secara terus-menerus melalui adaptasi dengan lingkungnnya. Schemata tersebut membentuk suatu pola penalaran tertentu dalam pola pikiran anak. Makin baik kualitas skema ini , makin baik pulalah pola penalaran anak tersebut. Proses terjadinya adaptasi dari skemta yang telah terbentuk dengan stimulus baru dilakukan dengan dua cara , yaitu isimilasi dan akomodasi. Isimilasi adalah proses pengintegrasian secara langsung stimulus baru ke dalam  skema  yang telah terbentuk. Sedangakan akomodasi adalah proses pengintegrasian stimulus baru  ke dalam skema yang  telah terbentuk secara tidak langsung. Hal ini terjadi karena stimulus baru tidak dapat diasimilasi, karena tidak ada skema yang sesuai yang telah dimilikinya. Pada proses akomodasi skema yang ada memodifikasi diri atau menciptakan skema baru sehingga  sesuai dengan stimulus yang baru itu. Setelah itu asimilasi berlangsung kembali. Dengan demikian pada proses asimilasi tidak menghasilkan perubahan skemata, melainkan hanya menunjang perubahan skemata secara kualitas. Pada contoh di atas, seorang anak menyebut cecak besar pada buaya pada dasarnya,ia mengasimilasi stimulus buaya ke dalam skema cecak.

            Dalam stuktur kognitif setiap individu mesti ada keseimbangan antara asimulasi dengan akomodasi. Kesimbangan ini dimaksudkan agar dapat mendeteksi persamaan dan perbedaan yang  terdapat pada stimulu-stimulus yang dihadapi. Perkembangan kognitif pada dasarnya adalah perubahan dari keseimbangan yang telah dimiliki keseimbangan baru yang diperolehnya.
Selanjutnya piaget mengemukakan tentang perkembangan kognitif yang di alami oleh setiap individu secara lebih rinci, dari mulai bayi hingga dewasa. Teori ini disusun berdasarkan studi klinis terhadap anak-anak dari berbagai usia golongan menengah di Swiss.  Kesimpulannya adalah pola berpikir anak tidak sama dengan pola berfikir orang dewasa. Tahap  perkembangan kognitif atau taraf kemampuan berfikir seorang individu sesuai dengan usianya. Makin ia dewasa makin meningkat pula kemampuan berfikirnya. Jadi, dalam memandang anak keliru kalau beranggapan bahwa kemampuan anak sama dengan kemampuan orang dewasa, sebeb anak bukanlah miniature orang dewasa.
             Selain daripada itu, perkembangan kognitif seorang individu dipengaruhi pula oleh  lingkungan dan transmisi sosialnya. Jadi, karena efektivitas hubungan antara setiap individu  dengan lingkungan dan kehidupan sosialnya berbeda satu sama lain, maka tahap perkembangan kognitif yang dicapai oleh setiap individu berbeda pula. Oleh karena itu agar perkembangan kognitif  seorang anak berjalan secara maksimal, sebaiknya diperkaya dengan banyak pengalaman edukatif.
Berdasarkan hasil penelitiannya, paiget mengemukakan bahwa ada empat tahap perkembangan kognitif dari setiap individu yang berkembangan secara kronologis (menurut usia kalender) yaitu:
a)      Tahap sensori motor , dari lahir sampai umur sekitar 2 tahun,
b)      Tahap pra operasi, dari sekitar umur 2 tahun sampai dengan sekitar umur 7 tahun.
c)      Tahap operasi konkrit, dari sekitar umur 7 tahun sampai dengan sekitar umur 11 tahun,
d)     Tahap operasi formal, dari sekitar umur 11 tahun dan seterusnya.

Sebaran umur pada setiap tahap tersebut adalah rata-rata (sekitar) dan mungkin pula terdapat perbedaan antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainya, antara individu yang satu dengan individu lainnya. Dan teori ini berdasarkan pada hasil penelitian di Negeri Swiss pada tahun 1950-an.

a)      Tahap Sensori Motor ( Sensory Motoric Stage)
Bagi anak yang berada pada tahap ini, pengalaman diperoleh melalui perubahn fisik ( gerakan anggota tubuh) dan sensori ( koordinasi alat indra). Pada mulanya pengalaman itu bersatu dengan dirinya, ini berarti bahwa satu objek itu ada bila ada pada penglihatannya. Perkembangan selanjutnya ia mulai berusaha untuk mencari objek yang asalnya terlihat kemudian menghilang dari pandangannya, asal perpindahannya terlihat. Akhirnya dari tahap ini ia mulai mencari objek yang hilang bila benda tersebut tidak terlihat perpindahannya. Objek mulai terpisah dari dirinya dan bersamaan dengan itu konsep objek dalam struktur kognitifnya mulai matang. Ia  mulai mampu untuk melambungkan objek fisik ke  dalam simbol-simbol, misalnya mulai bisa berbicara meniru suara kendaraan.

b)      Tahap Pra Operasi (Pre Operasional Stage)
        Tahap ini adalah tahap persiapan untuk pengorganisasian operasi konkrit. Istilah operasi yang digunakan oleh piaget disini adalah berupa tindakan tindakan kognitif, seperti mengklasifikasikan sekelompok objek (classifying), menata letak benda-benda menrut urutan tertentu (seriation),  dan membilang (counting), (Mairer, 1978:24). Pada tahap ini pemikiran anak lebih banyak berdasarkan pada pengalaman konkrit daripada pemikiran logis, sehingga jika ia melihat obyek-obyek yang kelihatannya berbeda, maka ia mengatakannya berbeda pula.
Contoh :
a)      Perlihatkan lima buah kelereng yang sama besar diatas meja. Kemudian ubahlah letak kelereng itu menjadi agak berjauhan. Apabila ditanyakan kepada anak yang masih pada tahap ini. Ia akan menjawab kelereng yang letaknya berjauhan lebih banyak.
Gambar 1
 






                                                                                               

b)      Perlihatkan segumpal plastisin (lilin lunak/malam) berbentuk bola. Kemudian ubahlah menjadi bentuk pipih sehingga tampak lebih besar. Apabila ditanyakan mana yang lebih banyak plastisin itu. Ia akan menjawab plastisisn yang bentuknya pipih.
Diubah menjadi
Gambar 2
 






c)      Perlihatkan kepada anak dua bejana dari gelas yang bentuk dan ukurannya sama dengan dua bejana lainnya berbeda ukurannya. Kemudian kedua bejana gelas yang sama tadi kita isi dengan cairan berwarna sama banyak. Sambil diperlihatkan kepada siswa cairan pada kedua gelas yang sama tadi masing-masing dipindahkan pada kedua gelas yang berbeda.setelah semuanya dipindahkan lalu tanyakan apakah kedua cairan tersebut sama banyak. Anak pada tahap pra operasi akan menjawab banyak kedua cairan itu berbeda.
Dipindahkan menjadi
A
B
Dipindahkan menjadi
D
B
Dipindahkan menjadi
D
B
 










Banyak cairan pada bejana C dan D tidak sama
d)       
C
A
Dua utas tali sama panjang diletakkan di atas meja, kemudian rentangnya diubah. Hasilnya, anak-anak akan mengatakan bahwa kedua tali tersebut menjadi berbeda panjangnya.
Diubah menjadi
B
D
Diubah menjadi
 



e)         Apabila anak dihadapkan pada suatu daerah bidang datar(terbuat dari kertas berwarna warni) yang menyatakan luas, kemudian kertas itu dipotong-potong dan dikumpulkan kembali dengan susunan yang berbeda seperti tampak pada gambar sampingnya. Anak tersebut mengatakan bahwa luas gambar sebelah kanan lebih besar dari asalnya.
            Dari contoh-contoh diatas, tampak bahwa anak masih berada di Sekolah Dasar sehingga sudah semestinya guru-guru SD maupun guru-guru Sekolah Pendidikan Guru mengetahui benar kondisi anak pada tahp ini. Guru-guru harus mengetahui apa yang telah dimiliki anak pada tahap ini dan kemampuan apa yang dimilikinya.
            Umumnya anak-anak pada tahap ini telah memahami operasi logis dengan bantuan benda-benda konkrit. Kemampuan ini terwujud dalam memahami konsep kekekalan, kemampuan untuk mengklasifikasi dan serasi, mampu memandang suatu objek dari sudut pandang yang berbeda secara objektif, dan mampu berfikir reversibel.
            Piaget mengidentifikasi adanya enam jenis konsep kekekalan yang berkembang selama anak berada pada tahap operasi konkrit, yaitu :
a.                   Kekekalan banyak (6-7 tahun)
b.                   Kekekalan materi (7-8 tahun)
c.                   Kekekalan panjang (7-8 tahun)
d.                  Kekekalan luas (8-9 tahun)
e.                   Kekekalan berat (9-10 tahun)
f.                    Kekekalan volum (11-12 tahun)
(Anderson, 1970: 126-127)
            Kemampuan mengurut kan objek(serasi) yang dipahami oleh anak pada tahap ini berkembang sesuai dengan pemahaman konsep kekekalan. Kemampuan mengurutkan objek berdasarkan panjang dipahami pada usia sekitar 7 tahun, mengurutkan objek yang besarnya sama tetapi beratnya berlainan dicapai pada usia sekitar 9 tahun, dan mengurutkan benda menurut volumnya dicapainya pada sekitar 12 tahun.
            Sejalan dengan kedua hal tersebut diatas, anak pada tahap ini memahami pula konsep ekuivalensi dan klasifikasi. Piaget membuktikannya dengan eksperimen sebagai berikut:
            Seorang anak diberi 20 bola kayu, 15 buah diantaranya berwarna merah. Apabila ditanyakan yang lebih banyak, bola kayu atau bola merah ?
            Anak pada tahap pra operasional menjawab bahwa bola merah lebih banyak, sedangkan anak pada tahap operasi konkret menjawab bahwa bola kayu lebih banyak dari pada bola berwarna merah.
            Eksperimen tersebut menunjukkan kepada kita bahwa anak pada tahap operasi konkrit telah mampu memperhatikan sekaligus dua macam kelompok yang berbeda. Ia telah dapat mengelompokkan benda benda yang memiliki beberapa karakteristik ke dalam himpunan dan himpunan bagian dengan karakteristik khusus, dan dapat melihat beberapa karakteristik khusus, dan dapat melihat beberapa karakteristik suatu benda secara serentak.
            Anak pada tahap ini baru mampu mengikat definisi yang telah ada dan mengungkapkannya kembali, akan tetapi belum mampu untuk merumuskan sendiri definisi-definisi tersebut secara tepat, belum mampu untuk menguasai simbol verba atau ide-ide abstrak.

d.        Tahap Operasi Formal (Formal Operation Stage)
                        Tahap operasi formal merupakan tahap akhir dari perkembangan kognitif secara kualitas. Anak pada tahap ini sudah mampu melakukan penalaran dengan menggunakan hal-hal yang abstrak. Penggunaan benda-benda konkrit tidak diperlukan lagi. Anak mampu bernalar tanpa harus berhadapan dengan objek atau peristiwanya langsung. Penalaran yang terjadi dalam struktur kognitifnya telah mampu hanya dengan menggunakan simbol-simbol, ide-ide, abstraksi dan generalisasi. ia telah memiliki kemampuan-kemampuan untuk melakukan operasi-operasi yang menyatakan hubungan diantara hubungan-hubungan, memahami konsep promosi. Sebagai contoh, kita perhatikan eksperimen piaget berikut ini :

                        Seorang anak pada tahap ini dihadapkan pada gambar “Pak Pendek” dan untaian klip (penjepit kertas) untuk mengukur tinggi “Pak Pendek” itu. Kemudian ditambahkan penjelasan bahwa”Pak Pendek” itu mempunyai teman”Pak Tinggi”. Lebih lanjut dikatakan bahwa apabila diukur dengan batang korek api tinggi “Pak Pendek” empat batang, sedangkan tinggi ”Pak Tinggi” enam batang korek api.

                        Berapakah tinggi “Pak Tinggi” bila diukur dengan klip ? Dalam memecahkan masalah diatas, anak harus melakukan operasi terhadap operasi ( Karplus dan Peterson, 1970).
                        Karakteristik lain dari anak pada tahap ini ialah telah memiliki kemmpuan untuk melakukan penalaran hipotek-deduktif, yaitu kemampuan untuk menyusun serangkaian hipotesis dan mengujinya (Child, 1977:127).

Suatu eksperimen beliau lakukan terhadap anaknya sendiri bernama Paul (9,5 tahun). Child memberikan bandul yang terbuat dari plastisin sehingga berat bandul dapat diubah-ubah dan tali bandul  itupun dapat diubah-ubah panjang pendeknya. Setelah melalui percobaan berulang kali, Paul diminta untuk menemukan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi waktunya ayunan bandul tersbut ? anaknya mengemukakan bahwa faktor-faktor itu adalah berat bandul panjang tali, dan cara melepas bandul. Kemudian Child mengemukakan dari ketiga hal tersebut hanya satu hal yang mempengaruhi waktu ayunan. Setelah Paul melakukan kembali percobaan tadi berulang kali, ia tidak bisa menemukannya. Dengan demikian ketiga hipotesis yang dikemukakan itu, ia belum mampu untuk mengujinya.
Selain dari itu, karakteristik lain dari anak pada tahap ini tela memiliki kemampuan berfikir kombinatorial (combinatorial thought), yaitu kemampuan menyusun kombinasi-kombinasi yang mungkin dari unsur-unsur dalam suatu sistem (Wardsworth, 1971: 103-104). Misalnya kombinasi warna, kombinasi beberapa bilangan, kombinasi beberapa huruf.
Jadi, anak pada operasi formal tidak lagi berhubungan dengan ada tidaknya benda benda konkrit, tetapi berhubungan dengan tipe berfikir. Apakah situasinya disertai oleh benda-benda konkret atau tidak, bagi anak pada tahap berfikir formal tidak menjadi masalah.
Piaget menemukan bahwa penggunaan operasi formal (pada usia anak sekolah) bergantung pada keakraban dengan daerah subjek tertentu. Apabila siswa akrab dengan tertentu, lebih besar kemungkinannya menggunakan operasi formal (NUR,2001). Menurut piaget (slavin,1994:145), perkembangan kognitif sebagian besar tergantung kepada seberapa jauh anak aktif memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Berikut ini implikasi penting dalam pembelajaran menurut teori piaget.
1)      Memusatkan perhatian pada berfikir atau proses mental anak, tidak sekadar pada hasilnya. Disamping kebenaran jawaban siswa, guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada jawaban tersebut, (bandingkan dengan teori belajar perilaku yang hanya memusatkan perhatian kepada hasilnya, kebenaran jawaban, atau perilaku siswa yang dapat diamati). Pengamatan belajar yang sesuai dikembangkan dengan memerhatikan tahap kognitif siswa yang mutakhir. Jika guru penuh perhatian terhadap metode yang digunakan siswa untuk sampai untuk sampai pada kesimpulan tertentu, barulah dapat dikatakan guru berada dalam posisi memberikan penglaman sesuai dengan yang dimaksud.
2)      Memerhatikan peranan pelik inisiatif anak sendiri; keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Didalam kelas piaget menyajikan pengetahuan jadi (ready made) tidak mendapat penekanan, tetapi anak didorong menemukan sendiri pengetahuan tersebut melalui interaksi spontan dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, guru dituntut mempersiapkan berbagai kegiatan yang memungkinkan        anak                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    melakukan kegiatan secara langsung dengan dunia fisik. Menerapkan teori piaget berarti dalam pembelajaran banyak menggunakan penyelidikan.
3)      Memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Teori piaget mengasumsikan bahwa seluruh siswa melewati urutan perkembangan yang sama, tetapi pertumbuhan tersebut berlangsung pada kecepatan yang berbeda. Oleh sebab itu, guru harus mampu melakukan upaya untuk mengatur kegiatan kelas dalam bentuk kelompok kecil dari pada bentuk kelas yang utuh.
Dari uraian tersebut, pembelajaran menurut teori konstruktivistik piaget dilakukan dengan memusatkan perhatian kepada berfikir atau proses mental anak, tidak sekedar pada hasilnya dan mengutamakan peran siswa dalam kegiatan pembelajaran serta memaklumi adanya perbedaan individu dalam kemajuan perkembangan yang dapat dipengaruhi oleh perkembangan intelektual anak.
2.7.2   Teori Bruner
                        Jerome Bruner dalam teorinya menyatakan bahwa belajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan strukur-struktur yang terbuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur.
                        Dengan mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan yang sedang dibicarakan, anak akan memahami materi yang harus dikuasainya itu. Ini menunjukkan bahwa materi yang mempunyai suatu pola atau struktur tertentu akan lebih mudah di pahami dan diingat anak. Contoh anak ingin belajar materi bangun ruang jika anak memahami konsep bangun ruang tersebut anak cnderung akan lebih mudah memahami materi dibandingkan anak yg tidak memahami konsep.
Bruner, melalui teorinya itu, mengungkapkan bahwa dalam proses belajar anak sebaiknya diberikan kesempatan untuk memanipulasi benda – benda (alat peraga). Melaui alat peraga yang ditelitinya itu, anak akan melihat langsung bagaimana keteraturan dan pola struktur yang terdapat dalam benda yang sedang diperhatikannya itu. Keteraturan tersebut kemudian oleh anak dihubungkan dengan keterangan intuitif yang telah melekat pada dirinya.
Nampaklah, bahwa Bruner sangat menyarankan keaktifan anak dalam proses belajar secara penuh. Lebih disukai lagi bila proses ini berlangsung di tempat yang khusus, yang dilengkapi dengan objek-objek untuk dimanipulasi anak, misalnya laboratorium.
Bruner mengemukakan bahwa dalam proses belajarnya anak melewati 3 tahap yaitu
a.       Tahap enaktif
Dalam tahap ini anak secara langsung terlihat dalam memanipulasi (mengotak – atik) objek.
b.      Tahap ikonik
Dalam tahap ini kegiatan yang dilakukan anak berhubungan dengan mental, yang merupakan gambaran dari objek-objek yang dimanipulasinya. Anak tidak langsung memanipulasi objek seperti yang dilakukan siswa dalam tahap enaktif.
c.       Tahap simbolik
Dalam tahap ini anak memanipulasi simbol-simbol atau lambing-lambang objek tertentu. Anak tidak lagi terikat dengan objek-objek pada tahap sebelumnya. Siswa pada tahap ini sudah mampu menggunakan notasi tanpa ketergantungan terhadap objek riil.
Bruner mengadakan pengamatan ke sekolah-sekolah. Dari hasil pengamatannya itu diperoleh beberapa kesimpulan yang melahirkan dalil-dalil. Diantara dalil-dalil tersebut adalah dalil-dalil penyusunan (construction theorem), dalil notasi (notation theorem), dalil kekontrasan dan dalil keanekaragaman (contras and variation theorem), dalil pengaitan (connectivity theorem).
Selanjutnya marilah kita diskusikan masing-masing dalil tersebut secara terperinci.
a.       Dalil penyusunan (konstruksi)
Dalil ini menyatakan bahwa jika anak mempunyai kemampuan dalam hal menguasai konsep, teorema, definisi, dan semacamnya. Anak harus dilatih untuk melakukan penyusunan representasinya. Untuk melekatkan idea tau definisi tertentu dalam pikiran, anak-anak harus menguasai konsep dengan mencoba dan melakukannya sendiri. Dengan demikian, jika anak aktif dan terlibat dalam kegiatan mempelajari konsep yang dilakukan dengan jalan memperlihatkan representasi konsep tersebut, maka anak akan lebih memahaminya.

Apabila dalam proses perumusan dan penyusunan ide-ide tersebut anak disertai dengan bantuan benda-benda konkret, maka mereka akan lebih mudah mengingat ide-ide yang dipelajari itu. Siswa akan lebih mudah menerepkan ide dalam situasi riil secara tepat. Dalam tahap ini anak memperoleh penguatan yang diakibatkan interaksinya dengan benda-benda konkret yang dimanipulasinya. Memori seperti ini bukan sebagai akibat penguatan. Dapat disimpulkan bahwa pada hakikatnya, dalam tahap awal pemahaman konsep diperlukan aktivitas-aktivitas konkret yang mengantar anak kepada pengertian konsep.

Anak yang mempelajari konsep perkalian yang didasarkan pada prinsip penjumlahan berulang, akan lebih memahami konsep tersebut. Jika anak tersebut mencoba sendiri menggunakan garis bilangan untuk memperlihatkan proses perkalian tersebut. Sebagai contoh untuk memperlihatkan perkalian, kita ambil 3 x 5 , ini berarti pada garis bilangan meloncat 3 x dengan loncatan sejauh 5 satuan, hasil loncatan tersebut kita periksa, ternyata hasilnya 15. Dengan mengulangi hasil percobaan seperti ini, anak akan benar-benar memahami dengan pengertian yang dalam, bahwa perkalian pada dasarnya merupakan penjumlahan berulang.

b.      Dalil Notasi
Dalil notasi mengungkapkan bahwa dalam penyajian konsep, notasi memegang peranan penting. Notasi yang digunakan dalam menyatakan sebuah konsep tertentu harus disesuaikan dengan tahap perkembangan mental anak. Ini berarti untuk menyatakan sebuah rumus misalnya, maka notasinya dapat dipahami oleh anak, tidak rumit dan mudah dimengerti.

Sebagai contoh notasi untuk menyatakan fungsi
f(x) = 3x – z
kita menggunakan notasi
□ = ( 3 x ∆ ) – 2
Bagi anak yang mempelajari konsep fungsi lebih lanjut, diberikan notasi fungsi
[(x,y)]y = 3x -2,x,y = R ]

Notasi yang diberikan tahap demi tahap ini sifatnya berurutan dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit. Penyajian seperti ini dalam matematika merupakan pendekatan spiral. Dalam pendekatan spiral setiap ide-ide matematika disajikan secara sistematis dengan menggunakan notasi-notasi yang bertingkat. Pada tahap awal notasi ini sederhana, diikuti dengan notasi berikutnya yang lebih kompleks. Notasi yang terakhir, yang mungkin belum dikenal sebelumnya oleh anak, umumnya merupakan notasi yang akan banyak digunakan dan diperlukan dalam pembangunan konsep matematika lanjutan.

c.       Dalil pengkontrasan dan keanekaragaman
Dalam dalil ini dinyatakan bahwa pengontrasan dan keanekaragaman sangat penting dalam melakukan pengubahan konsep dipahami dengan mendalam, diperlukan contoh-contoh yang banyak, sehingga anak mampu mengetahui karakteristik konsep tersebut. Anak perlu diberi contoh yang memenuhi rumusan atau teorema yang diberikan. Selain itu mereka perlu juga diberi contoh-contoh yang tidak memenuhi rumusan, sifat atau teorema, sehingga diharapkan anak tidak mengalami salah pengertian terhadap konsep yang sedang dipelajari.

Konsep yang diterangkan dengan contoh dan bukan contoh adalah salah satu cara pengontrasan. Melalui cara ini anak akan mudah memahami arti karakteristik konsep yang diberikan tersebut. Sebagai contoh, untuk menjelaskan pengertian persegi panjang, anak harus diberi contoh bujur sangkar, belah ketupat, jajar genjang dan segiempat lainnya selain persegi panjang. Dengan demikian anak dapat membedakan apakah segiempat yang diberikan padanya termasuk persegipanjang atau tidak.

Keanekaragaman juga membantu anak dalam memahami konsep yang disajikan, karena dapat memberikan belajar bermakna bagi anak. Misalnya, untuk memperjelas pengertian bilangan prima anak perlu diberi contoh yang banyak, yang sifatnya beranekaragam.

Perlu diberikan contoh-contoh bilangan ganjil yang termasuk bilangan prima dengan yang tidak. Pada anak harus diperlihatkan bahwa tidak semua bilangan ganjil termasuk bilangan prima, sebab bilangan tersebut habis dibagi oleh bilangan lain selain oleh bilangan itu sendiri dan oleh satu.

Untuk menjelaskan segitiga siku-siku, perlu diberi contoh yang gambar-gambarnya tidak selalu tegak dengan sisi miringnya dalam kedudukan miring, tapi perlu juga diberikan gambar dengan sisi miring dengan keadaan mendatar atau membujur.  Dengan cara ini anak terlatih dalam memeriksa, apakah segitiga yang diberikan kepadanya tergolong segitiga siku-siku atau tidak
Perhatikan gambar 6.





 




           
                                                            Gambar 6
d.      Dalil Pengaitan (konektivitas)
Dalam dalil ini dinyatakan bahwa dalam matematika antara satu konsep dengan konsep lainnya terdapat hubungan yang erat, bukan saja dari segi isi, namun juga dari segi rumus-rumus yang digunakan. Materi yang satu mungkin merupakan prasyarat bagi yang lainnya, atau suatu konsep tertentu diperlukan untuk menjelaskan konsep lainnya. Misalnya konsep dalil Pythagoras diperlukan untuk menentukan tripel Pythagoras atau pembuktian rumus kuadratis dalam trigonometri.

Guru perlu menjelaskan bagaimana hubungan antara sesuatu yang sedang dijelaskan dengan objek atau rumus lain. Apakah hubungan itu dalam kesamaan rumus yang digunakan, sama-sama dapat digunakan dalam bidang aplikasi atau dalam hal-hal lainnya. Melalui cara ini anak akan mengetahui pentingnya konsep yang sedang dipelajari dan memahami bagaimana kedudukan rumus atau ide yang sedang dipelajarinya itu dalam matematika. Anak perlu menyadari bagaimana hubungan tersebut, karena antara sebuah bahasan dengan bahasan matematika lainnya saling berkaitan.



2.7.3    Teori Gestalt
Tokoh aliran ini adalah John Dewey. Ia mengemukakan bahwa pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar yang diselenggarakan oleh guru harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
a)                  Penyajian konsep harus lebih mengutamakan pengertian,
b)                  Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa, dan
c)                  Mengatur suasana kelas agar siswa siap belajar.
Dari ketiga hal di atas, dalam menyajikan pelajaran guru jangan member konsep yang harus diterima begitu saja, melainkan harus lebih mementingkan pemahaman terhadap proses terbentuknya konsep tersebut daripada hasil akhir. Untuk hal ini guru bertindak sebagai pembimbing dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan proses melaui metode induktif.
Pendekatan dan metode yang digunakan tersebut haruslah disesuaikan pula dengan kesiapan intelektual siswa. Siswa SMP masih ada pada tahap operasi konkret, artinya jika ia akan memahami konsep abstrak matematika harus dibantu dengan menggunakan benda konkret. Oleh karen itu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mulailah dengan menyajikan contoh-contoh konkret yang beraneka ragam , kemudian mengarah pada konsep abstrak tersebut. Dengan cara seperti ini diharapkan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan secara bermakna.
Kita ketahui bahwa factor eksternal bisa mempengaruhi pelaksanaan dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sebelum, selama, dan sesudah mengajar guru harus pandai-pandai (berusaha) untuk menciptakan kondisi agar siswa siap untuk belajar dengan perasaan senang, tidak merasa terpaksa.

2.7.4    Teori Brownell
W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia menegaskan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses yang bermakna. Bila kita perhatikan, teori yang dikemukakan Brownell ini sesuai dengan teori belajar-mengajar Gestalt, latihan hafal atau yang dikenal dengan sebuah drill adalah sangat penting dalam kegiatan pengajaran. Cara ini ditetapkan setelah tertanamnya pengertian.
Aritmatika atau berhitung yang diberikan anak-anak SD dulu lebih menitikberatkan hafalan dan mengasah otak. Aplikasi dari bahan yang diajarkan dan bagaimana kaitannya dengan pelajaran-pelajaran lainnya sedikit sekali dikupas.  Menurut Brownell anak-anak yang berhasil mengikuti pelajaranpada waktu ia memiliki kemampuan berhitung yang jauh melebihi anak-anak sekarang. Banyaknya latihan yang diterapkan pada anak dan latihan mengasah otak dengan soal-soal yang panjang dan sangat rumit merupakan pengaruh dari doktrin disiplin formal.
Terdapat perkembangan yang menunjukkan bahwa doktrin formal itu memiliki kekeliruan yang cukup mendasar. Dari penelitian yang dilaksanakn pada abad 19 terdapat hasil yang menunjukkan bahwa belajar tidak melalui latihan hafalan dan mengasah otak, namun diperoleh anak melalui bagaimana anak berbuat, berfikir , memperoleh persepsi dan lain lain.
2.7.5    Teori Dienes
Berikut ini kita pelajari teori belajar mengajar matematika yang dikemukakan oleh Zoltan P. Dienes
Zoltan P. Dienes adalah seorang matematikawan yang memusatkan perhatiannya pada cara-cara pengajaran terhadap anak-anak. Dasar teorinya bertumpu pada teori Piaget, dan pengembangannya diorientasikan pada anak-anak, sedemikian rupa sehingga sistem yang dikembangkannya itu menarik bagi anak yang mempelajari matematika.
Dienes berpendapat bahwa pada dasarnya matematika dapat dianggap sebagai studi tentang struktur, memisah-misahkan hubungan-hubungan diantara struktur-struktur dan mengkategorikan hubungan –hubungan diantara struktur-struktur. Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau objek-objek  dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pengajaran matematika.
Permainan bebas merupakan tahap belajar konsep yang aktivitasnya tidak terstruktur dan tidak diarahkan. Aktivitasnya ini memungkinkan anak mengadakan percobaan dan mengotak-atik (memanipulasi) benda- benda konkret dan abstrak dari unsur- unsur yang sedang di pelajarinya.
Dalam tahap permainan bebas anak- anak berhadapan dengan unsur- unsur dalam interaksinya dengan lingkungan belajarnya atau alam sekitar. Dalam tahap ini anak tidak hanya belajar membentuk struktur mental, namun juga belajar membentuk struktur sikap dalam mempersiapkan diri dalam pemahaman konsep.
Dalam alat peraga matematika anak- anak dapat di hadapkan pada balok- balok logik yang membantu anak- anak dalam mempelajari konsep- konsep abstrak . dalamkegiatan belajar  dengan menggunakan alat- alat peraga ini anak- anak belajar mengenal warna, tebal tipisnya benda yang merupakan ciri atau sifat khasnya dari benda- benda yang di manipulasiinya yaitu.
Dalam permanan yang disertai aturan anak- anak sudah mulai meneliti pola-pola dan keteraturan yang terdapat dalam konsep tertentu. keteraturan ini mugkin terdapat dalam konsep tertentu  tapi tidak terdapat dalam konsep lainnya. Anak yang telah memahami aturan- aturan yag terdapat dalam konsep anak dapat  mulai melakukan permainan tadi. Jelaslah , dengan melalui permainan anak- anak diajak untuk mulai mengenal dan memikirkan bagaimana struktur matematika itu.
Makin banyak bentuk- bentuk yang berlainan  yang diberikan dalam konsep- konsep tertent, semakin jelas konsep yang di pahami anak, karena anak- anak akan memperoleh hal- hal yang bersifat logis, dan matematis dalam konsep yang di pelajarinya  itu.
Dalam mencari kesamaan sifat anak- anak mulai diarahkan dengan kegiatan menemukan sifat- sifat ini, guru perlu mengarahkan mereka dengan mentranslasikan kesamaan stuktur dari bentuk  permainan yang satu ke bentuk permainan lainnya. Translasi ini tentu tidak  boleh mengubah sifat- sifat abstrak yang ada dalam permainan semula.
Representasi adalah tahap pengembilan kesamaan sifat dari beberapa situasi  yang sejenis. Anak- anak menentukan representasi dari konsep- konsep tertentu, setelah mereka berhasil menyimpulkan kesamaan sifat yang terdapat dalam situsai – situasi yang di hadapinya itu. Repsentasi yang di perolehnya ini bersifat abstrak. Dengan demikian anak- anak telah mengarah pada  pengertian stuktur matematika yang sifatnya abstrak yang terdapat dalam konsep yang sedang di pelajari.
Simbolisasi termasuk tahap belajar konsep yang membutuhkan kemampuan dan merumuskan representasi dari setiap konsep- konsep dengan menggunakan simbol matematika atau melalui perumusan verbal.
Formalisasi merupakan tahap belajar konsep yang terakhir dalam tahap ini anak- anak di tuntut untuk mengurutkan sifaty- sifat konsep dan kemudian  merumuskan sifat- sifat baru  dari konsep tersebut. Sebagai contoh, anak- anak yang telah mengenal dasr-m dasar dalam struktur matematika seperti aksioma harus mampu merumuskan teorema dalam arti membuktikan teorema tersebut.
2.7.6    Teori van hiele
Semua teori belajar yang telah diuraikan dimuka adalah teori belajar yang dijadikan landasan proses belajar mengajar matematika. Pada bagian ini akan disinggung bagaiman teori belajaryang dikemukakan ahli pendidikan, khusus dalam bidang geometri.
Dalam pelajaran geometri terdapat teori belajar yang dikemukakan oleh Van hiele (1954), yang menguraikan tahap-tahap perkembangan mental anak dalam geometri. Van hiele adalah seoramg guru bahasa Belanda yang mengadakan penilitian dalam pengajaran geometri. Hasil penilitiannya itu, yang dirumuskan dalam disertainya, diperoleh dari kegitan Tanya jawab dan pengamatan.
Menurut Van Hiele, tiga unsure utama dalam pengajaran geometri yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang diterapkan, jika ditata secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada berfikir yang lebih tinggi.
Van Hiele menyatakan bahwa terdapat 5 tahap belajar anak dalam belajar geometri, yaitu;  tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi yang akan diuraikan sebgai berikut.
a)      Tahap pengenalan (Visualisasi)
Dalam tahap ini anak mulai belajar mengenai suatu bentuk geometri secara keseluruhan, namun belum tentu mengetahui adanya sifat-sifat dari bentuk geometri yang dilihatnya itu. Sebagai contoh, jika pada seorang anak diperlihatkan sebuah kubus, ia belum mengetahui sifat-sifat atau keteraturan yang dimiliki oleh kubus tersebut. Ia belum menyadari bahwa kubus mempunyai sisi-sisi yang merupakan bujursangkar , bahwa sisinya ada 6 buah, rusuk ada 12 dan lain-lain.

b)      Tahap analisis
Pada tahap ini anak sudah mulai mengenal sifat-sifat yang dimiliki benda geometri yang diamatinya. Ia sudah mampu menyebutkan keteraturan yang ada pada benda geometri itu. Misalnya di saat ia mengamati bahwa terdapat 2 pasang sisi yang berhadapan, dan dua pasang sisi tersebut saling sejajar. Dalam tahap ini anak belum mengetahui hubungan yang terkait antara suatu benda geometri lainya. Misalnya, anak belum mengetahui bahwa bujursangkar adalah persegipanjang, bahwa bujursangkar adalah belah ketupat dan sebagainya.

c)      Tahap  pengurutan (deduksi informal)
Pada tahap ini anak sudah mulai mampu melaksanakan penarikan kesimpulan, yang kita kenal dengan sebutan berpikiran deduktif. Namun kemampuan ini belum berkembang secara penuh. Suatu hal yang perlu diketahui adalah, anak pada tahap ini sudah mulai mampu mengurutkan. Misal ia sudah mengenali bujursangkar adalah, jajar genjang, bahwa belah ketupat adalah laying-layang. Demikian pula dalam pengenalan benda-benda ruang, anak-anak memahami bahwa kubus adalah balok juga, dengan keistimewaanya, yaitu bahwasemua sisi berbentuk bujursangkar. Pola pikiranak pada tahap ini masih belum mampu menerangakan mengapa diagonal suatu persegi panjang itu sama panjang. Anak mungkin belum memahami bahwa belah ketupat dapat dibentuk dari dua segitiga yang kongruen.

d)     Tahap  deduksi
Dalam tahap ini anak sudah mampu menarik kesimpulan secara deduktif, yakni penarikan kesimpulan dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus. Demikian pula ia telah mengerti betapa pentingnya peranan unsure-unsur yang tidak didefinisikan, di samping unsur- unsur yang didefinisikan. Misalnya anak sudah mulai memahami   dalil. Selain itu, pada tahap ini anak sudah mulai mampu mengadakan aksioma dan postulat yang digunakan dalam pembuktian.
            Postulat dalam pembuktian segitiga yang sama dan sebangun, seperti postulat sudut-sudut-sudut, sisi-sisi-sisi atau sudut-sisi-sudut, dapat dipahaminya, namun belum mengerti mengapa postulat tersebut benar dan mengapa dapat dijadikan sebagai postulat dalam cara-cara pembuktian

e)      Tahap akurasi
Dalam tahap ini anak sudah mulai menyadari betapa pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi suatu pembuktian. Misalnya, ia mengetahui pentingnya aksioma-aksioma atau postulat-postulat dati geometri Euclid. Tahap akurasi merupakan tahap berfikir yang tinggi, rumit dan kompleks. Oleh karena itu tidak mengherankan jika tidak semua anak, meskipun sudah duduk dibangku  sekolah lanjutan atas, masih belum sampai pada tahap berfikir ini.

               












Daftar Pustaka
1. Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika. ( Bandung : JICA-UPI)
2.  Suprihtiningrum, Jamail. 2014. Strategi Pembelajaran. ( Jakarta : AR RUZZ MEDIA )
3. https//id.wikipedia.org/wiki/psikologi_kognitif. Rabu 30 September 2015 pukul 08.00 WITA


















Rangkuman
Psikologi kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi. Kognitif dalam psikologi dapat berarti dua, yaitu bisa diartikan sebagai aktivitas mental (persepsi, memori, atensi, dll) dan juga dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan psikologi.
1.             Teori Piaget
Jean  Piaget menyebut  bahwa struktur  kognitif  ini  sebagai Skemata ( Schemas), yaitu kumpulan dari  skema-skema. Seorang individu dapat mengikat, memahami, dan memberikan respon terhadap stimulus disebabkan  karena bekerjanya skemata   ini. Skemata ini berkembang secara kronologis. Sebagai hasil interaksi  antara individu dengan lingkungannya. Berdasarkan hasil penelitiannya, paiget mengemukakan bahwa ada empat tahap perkembangan kognitif dari setiap individu yang berkembangan secara kronologis (menurut usia kalender) yaitu:
a)      Tahap sensori motor , dari lahir sampai umur sekitar 2 tahun,
b)      Tahap pra operasi, dari sekitar umur 2 tahun sampai dengan sekitar umur 7 tahun.
c)      Tahap operasi konkrit, dari sekitar umur 7 tahun sampai dengan sekitar umur 11 tahun,
d)     Tahap operasi formal, dari sekitar umur 11 tahun dan seterusnya.
2.      Teori Bruner
            Jerome Bruner dalam teorinya menyatakan bahwa belajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan strukur-struktur yang terbuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur.
            Dengan mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan yang sedang dibicarakan, anak akan memahami materi yang harus dikuasainya itu. Ini menunjukkan bahwa materi yang mempunyai suatu pola atau struktur tertentu akan lebih mudah di pahami dan diingat anak.
          Bruner mengemukakan bahwa dalam proses belajarnya anak melewati 3 tahap yaitu
a.              Tahap enaktif
Dalam tahap ini anak secara langsung terlihat dalam memanipulasi (mengotak – atik) objek.
b.             Tahap ikonik
Dalam tahap ini kegiatan yang dilakukan anak berhubungan dengan mental, yang merupakan gambaran dari objek-objek yang dimanipulasinya. Anak tidak langsung memanipulasi objek seperti yang dilakukan siswa dalam tahap enaktif.
c.              Tahap simbolik
Dalam tahap ini anak memanipulasi simbol-simbol atau lambing-lambang objek tertentu. Anak tidak lagi terikat dengan objek-objek pada tahap sebelumnya. Siswa pada tahap ini sudah mampu menggunakan notasi tanpa ketergantungan terhadap objek riil.

3.      Teori Gestalt
Tokoh aliran ini adalah John Dewey. Ia mengemukakan bahwa pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar yang diselenggarakan oleh guru harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
d)                 Penyajian konsep harus lebih mengutamakan pengertian,
e)                  Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa, dan
f)                   Mengatur suasana kelas agar siswa siap belajar.
Dari ketiga hal di atas, dalam menyajikan pelajaran guru jangan member konsep yang harus diterima begitu saja, melainkan harus lebih mementingkan pemahaman terhadap proses terbentuknya konsep tersebut daripada hasil akhir. Untuk hal ini guru bertindak sebagai pembimbing dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan proses melaui metode induktif.
4.      Teori Brownell
W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia menegaskan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses yang bermakna. Bila kita perhatikan, teori yang dikemukakan Brownell ini sesuai dengan teori belajar-mengajar Gestalt, latihan hafal atau yang dikenal dengan sebuah drill adalah sangat penting dalam kegiatan pengajaran. Cara ini ditetapkan setelah tertanamnya pengertian.
5.      Teori Dienes
Zoltan P. Dienes adalah seorang matematikawan yang memusatkan perhatiannya pada cara-cara pengajaran terhadap anak-anak. Dasar teorinya bertumpu pada teori Piaget, dan pengembangannya diorientasikan pada anak-anak, sedemikian rupa sehingga sistem yang dikembangkannya itu menarik bagi anak yang mempelajari matematika.
Dienes berpendapat bahwa pada dasarnya matematika dapat dianggap sebagai studi tentang struktur, memisah-misahkan hubungan-hubungan diantara struktur-struktur dan mengkategorikan hubungan –hubungan diantara struktur-struktur. Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang disajikan dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau objek-objek  dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pengajaran matematika.


6.      Teori van hiele
Dalam pelajaran geometri terdapat teori belajar yang dikemukakan oleh Van hiele (1954), yang menguraikan tahap-tahap perkembangan mental anak dalam geometri. Van hiele adalah seoramg guru bahasa Belanda yang mengadakan penilitian dalam pengajaran geometri. Hasil penilitiannya itu, yang dirumuskan dalam disertainya, diperoleh dari kegitan Tanya jawab dan pengamatan.
Menurut Van Hiele, tiga unsure utama dalam pengajaran geometri yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran yang diterapkan, jika ditata secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada berfikir yang lebih tinggi.
Van Hiele menyatakan bahwa terdapat 5 tahap belajar anak dalam belajar geometri, yaitu;  tahap pengenalan, tahap analisis, tahap pengurutan, tahap deduksi, dan tahap akurasi
















Moderator : Dewi Rara Ayu Rani
Penanya :
1.      Kiki Anggraini
2.      Khatimatul Husna
3.      Laila Rahmatin

1.      Sebutkan dan jelaskan hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif ?
Hal-hal yang dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak, yaitu :
a.       Fisik   
Rata-rata anak yang memiliki fisik normal lebih cenderung memiliki perkembangan kognitif yang lebih cepat dibandingkan dengan anak yang memiliki keterbatasan fisik.
b.      Kematangan
Proses kematangan mental anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Anak yang memiliki proses kematangan, rata-rata cenderung lebih cepat berkembang dibanding dengan anak yang belum mencapai tingkat kematangan rata-rata.
c.       Pengaruh sosial
Anak yang cenderung dididik untuk berinteraksi dengan masyarakat (berinteraksi dengan masyarakat, namun selalu dalam pengawasan orang tua) cenderung perkembangan kognitif nya lebih baik.
d.      Proses pengaturan diri
2.      Dalam materi yang disajikan, kalian menyebutkan bahwa anak dituntut untuk belajar. Dalam tahap sensori motor yaitu usia anak dari lahir sampai 2 tahun, bagaimana cara kita menuntut mereka untuk belajar ?
Seperti yang kita tahu usia 0-2 tahun merupakan golden age bagi mereka. Kita bisa menuntut mereka belajar namun sambil bermain, materi tidak disajikan secara terus terang, namun diselipkan didalam permainan-permainan mereka. Misal kita ingin mengajarkan mereka mengenal bilangan bulat, maka kita bisa mengajarinya dengan media buku mewarnai, di mana setiap lembarannya berisi angka yang akan diwarnai.

3.      Salah satu pernyataan dalam teori Gestalt yaitu penyajian konsep harus lebih mengutamankan pengertian. Apa yang dimaksud “pengertian” dalam konteks ini.
Yang dimaksud pengertian dalam hal ini yaitu dalam menyajikan pelajaran guru jangan memberi konsep yang harus diterima begitu saja, melainkan harus lebih mementingkan pemahaman terhadap proses terbentuknya konsep tersebut.












0 komentar:

Posting Komentar